Fungsi, desain dan keuntungan menggunakan globe valve

Globe Valve Tee

Globe valve adalah valve yang sistem penutupanya ke bawah, biasanya part (atau bagian) untuk menutupnya dinamakan dengan disk, dimana disk ini akan bergerak naik turun untuk menutup aliran dalan globe valve.

Globe valve termasuk jenis valve yang istimewa, karena kemampuan valve ini untuk throttling. Apa itu throttling? kalau di Bahasa Indonesiakan adalah mencekik. throttling kalau di jelaskan dengan bahasa saya adalah kemampuan  untuk membuka menutup aliran sesuai kebutuhan. Jadi valve ini bisa membuat alirannya sangat deras dengan membuka seluruhnya, bisa setengah, seperempat atau berapapun aliran yang kita inginkan, dapat kita dapatkan dengan mengatur besaran bukaan valvenya. Itulah namanya throttling, kemampuan untuk mengatur bukaan valve.

Desain Globe Valve

1. Globe Valve desain Tee Pattern (Pola Tee)

Jenis desain globe valve pola tee adalah jenis yang umum yang biasa kita temukan, dengan diafragma berbentuk “Z”. Pengaturan seat horizontal memungkinkan batang dan disk untuk bergerak lurus dalam satu garis horizontal.

Desain jenis ini memiliki nilai koefisien terendah aliran, seperti jalur bypass di sekitar kontrol valve. Pola Tee juga dapat digunakan dalam sebuah aplikasi dimana penurunan tekanan bukanlah sebuah hal yang penting dalam rancangan sistem instalasi.

2. Globe Valve desain Angle Pattern (Pola Angle)

Globe valve desain angle pattern adalah hasil modifikasi dari jenis desain Tee Pattern (pola Tee), Ujung valve ini berada pada sudut 90 derajat dan aliran mengalir dalam sudut 90 derajat.

3. Globe Valve desain Wye Pattern (Pola Wye)

Glove valve desain wye pattern (pola wye) ini adalah jenis desain yang merupakan alternative untuk penurunan tekanan yang tinggi, yang terjadi pada globe valve.

globe valve

Keuntungan dan kerugian penggunaan Globe Valve

Keuntungan menggunakan globe valve

  1. Kemampuan menutup yang baik.
  2. Kemampuan yang cukup baik untuk throttling.
  3. Stroke yang lebih pendek, dibandingkan dengan gate valve.
  4. Tersedia dalam berbagai macam yaitu : Tee, Wye, dan Angle sehingga bisa mudah digunakan dalam berbagai  aplikasi.
  5. Mudah dan cepat dalam pemasangan.
  6. Dengan disk yang tidak melekat pada batang sehingga valve dapat digunakan sebagai stop check valve.

Kelemahan menggunakan globe valve

  1. Penurunan tekanan yang lebih tinggi (di bandingkan dengan gate valve).
  2. Membutuhkan tenaga yang lebih besar atau actuator yang lebih kuat.
  3. Throttling aliran dibawah seat dan shutoff di atas seat.

Kelemahan dari globe valve ini adalah hanya bisa digunakan satu arah, ketika aliran nya dari arah yang berbeda maka valve ini tidak dapat berfungsi dengan sempurna. Disamping itu kelemahan lain dari globe valve adalah karena bentuknya yang tidak sejalur dengan aliran, maka aliran dapat berubah arah dan itu akan mengakibatkan resistansi terhadap aliran dan dimungkinkan terjadi turbulensi, akhirnya ia akan menghasilkan presure drop yang lebih tinggi dibanding dengan gate valve.

Apa itu presure drop? presure drop adalah penurunan tekanan, tentu saja tekanan di sini adalah tekanan dari aliran fluida. jadi, kalau di kaitkan dengan penjelasan globe valve tadi, maka aliran yang keluar dari globe valve dibanding dengan gate valve maka tekanannya akan lebih rendah.

Bagian bagian globe valve.

Bagian-bagian glove valve

1. Body Valve

Sesuai namanya, ini adalah body dari globe valve.

2. Bonnet

Bonnet adalah bagian dari valve yang terdiri dari packing box, steam seal dan jalur dari stem. Bonnet ini adalah ruang (bagian) yang dapat di lepas nantinya untuk mengganti disk atau bagian internal lainya. Bonnet juga berfungsi sebagai jalur dari stem agar ia bisa bergerak naik dan turun.

3. Stem

Stem merupakan bagian valve yang berbentuk batang, di stem ini terdapat ulir yang memungkinkan valve bisa bergerak naik dan turun untuk menutup di bagian atas steam, kita bisa menyebutnya dengan handweel, atau menurut bahasa kita adalah stir karena memang bentuknya seperti stir mobil. ini yang nanti nya akan di pegang untuk memutar si valve.

4. Seat

Seat kalau diterjemahkan secara bahasa adalah tempat duduk. Ya memang seat ini akan menjadi tempat duduk, tempat duduk bagi siapa? bagi disk yang naik turun, kalau disk ia bergerak naik dan turun karena fungsinya yang menutup valve, pada seat bagian ini adalah yang diam, ia berada di dalam body valve.

5. Disk

Disk adalah piringan yang bergerak naik dan turun yang berfungsi untuk menutup valve, disk ini akan memiliki bentuk yang berbeda beda yang merupakan dasar pembagian kita untuk jenis jenis globe valve.

Valve Throttle Action On/Off Function Isolate Function Bi Directional Flow Realiability of Valve Seal
Gate No Yes Yes Yes Excelent
Ball/Plug No Yes Yes Yes Very Good
Needle Yes Yes Yes No Excelent
Globe Yes Possible Yes No Good
Butterfly Yes Yes No Yes Poor
Relief No Yes N/A No Very Good
Check No Yes N/A No Very Good
Ball-Check No Yes Yes As Required Good
Automatic Control Yes Possible No Possible Average
Jenis globe valve dari bodynya

Jenis globe valve dari tipe Disknya

A. Needle valve

Needle valve, valve yang disk nya berbentuk jarum ini adalah salah satu jenis globe valve yang bisa digunakan untuk mengontrol aliran pada instrument. Needle valve memiliki fungsi yang hampir sama dengan bal valve yang sudah di sebutkan, yang membedakan hanya presisi. Valve jenis ini biasa digunakan untuk kalibrasi karena finely tuned, apa itu finely tune? ya kalau saya boleh mengistilahkan yaitu sangat mudah di setel atau di atur.

Valve yang diambil namanya dari bentuk disk nya yang berbentuk cone (kerucut) dapat menahan tekanan yang sangat tinggi. ia bisa menahan sampai dengan 10000 psi pada temprature normal.

Apa yang menjadi alasan bahwa valve jenis needle ini bisa menahan pressure yang cukup tinggi? adalah karena bentuk nya, bukaan valve pada umumnya lebih kecil dibanding dengan keseluruhan body dari valve. Dengan ruang yang kecil ini, maka prinsip oriffice terjadi. dimana aliran akan semakin besar namun tekanannya menjadi turun di sekitar ini. Untuk memahami mengenai cara kerja orifice, silahkan baca artikel saya di jenis special flange, cari bagian mengenai orifice flange. disana saya menjelaskan mengenai cara kerjanya.

B. Parabolic globe valve & Plug globe valve

Salah satu jenis nya lagi yaitu parabolic globe valve, karena memang bentuk disknya mirip seperti parabola. Yang termasuk jenis globe valve lagi adalah plug globe valve, dinamakan juga dari bentuk disknya. namun yang perlu di perhatikan adalah, plug globe valve ini berbeda dengan plug valve. saya menambahkan kata globe valve, supaya membedakan dengan plug valve biasanya. Untuk jenis plug valve, itu mirip dengan prinsip kerja dari ball valve.

Advertisements
Advertisements
About Indonesia Marine Equipment 1343 Articles
INAMEQ is provide all marine product (equipment and sparepart) and news about marine product to help procurement team at shipping industry, ship contractor, port contractor and oil gas company finding competitive price to directly connect with manufacturer and authorized local and international.

Be the first to comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.