Fungsi, tipe dan kelebihan ball valve

Fungsi, tipe dan kelebihan ball valve

Ball Valve adalah sebuah katup dengan pengontrol aliran berbentuk disc bulat seperti bola. Disc bola tersebut memiliki lubang yang berada tepat di tengahnya. Ball Valve dalam posisi terbuka (open) ketika lubang tersebut menghadap searah dengan kedua ujung katup, dan aliran akan terjadi.Dan ketika handle diputar sehingga posisi lubang berada tegak lurus terhadap ujung katup, maka posisi valve dalam kondisi tutup (close), dan aliran akan terhalang atau tertutup.
Ball valve banyak digunakan  karena kemudahannya dalam  perbaikan dan kemampuan untuk menahan tekanan dan suhu tinggi. Tergantung dari material apa mereka terbuat, Ball Valve dapat menahan tekanan hingga 10.000 Psi dan dengan temperature sekitar 200 derajat Celcius.
Ball Valve digunakan secara luas dalam aplikasi industri karena mereka sangat serbaguna, dapat menahan tekanan hingga 1000 barr dan suhu hingga 482 ° F (250 ° C). Ukurannya biasanya berkisar 0,2-11,81 inci (0,5 cm sampai 30 cm).

Tipe ball Valve

1. Full Bore Ball Valve

Full bore ball valve adalah tipe ball valve dengan diameter lubang bolanya sama dengan diameter pipa. Jenis full bore ball valves ini biasanya digunakan pada  blow down, piggable line, production manifold, pipeline.
Gambar full bore ball valve

2. Reduced bore ball valves

Reduced bore ball valves adalah jenis ball valve yang diameter lubang bolanya tidak seukuran dengan ukuran pipa. Minimum diameter bola katup yang berkurang adalah  satu uku

ran lebih rendah dari ukuran diameter pipa  sebenarnya. Misalnya ukuran diameter  pipa 4 inci dan diameter bola valve adalah 3 inchi.

Gambar reduce bore ball valves

 

Advantages/kelebihan ball valve:

  1. A very low pressure drop/kehilangan tekanan
    sangat rendah
  2. Low leakage/cukup jarang bocor
  3. Small in size dan ball valve tidak begitu berat jika dibandingkan dengan valve lain yang sejenis
  4. Mudah dibuka dan tidak mudah terkontaminasi.

Disadvantages/kekurangan ball valve :

  1. Seat bisa rusak karena adanya gesekan antara ball dengan seat.
  2. Pembukaan handle yang cepat bisa menimbulkan water hammer/palu air pada system sehingga terjadi tekanan yang besar yang bisa merusak system/sambungan dan dinding pipa.

 

About Indonesia Marine Equipment 857 Articles
INAMEQ is provide all marine product (equipment and sparepart) and news about marine product to help procurement team at shipping industry, ship contractor, port contractor and oil gas company finding competitive price to directly connect with manufacturer and authorized local and international.

Be the first to comment

Leave a Reply