Bentuk dan spesifikasi pipa baja karbon kapal

Bentuk dan spesifikasi pipa baja karbon kapal

Pada dasarnya, pipa baja karbon diproduksi dengan berbagai variasi, baik dari segi bentuk, ukuran, spesifikasi, maupun harga pipa baja karbon. Berdasarkan bentuknya, pipa baja karbon terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Seamless Pipe

Yaitu pipa yang dibentuk tanpa adanya sambungan di sepanjang pipa tersebut. Karenanya, kualitas pipa jenis ini lebih baik serta merata (sama) di setiap jengkal permukaannya. Selain itu, pipa jenis ini juga tidak rentan terhadap perubahan bentuk yang biasa terjadi akibat efek pemanasan. Tak heran jika pipa baja karbon jenis ini sering digunakan di dunia industri, utamanya di perminyakan dan gas.

  • Straight Welded Pipe atau Butt Welded Pipe

Straight Welded Pipe sering disebut dengan pipa UOE . Pipa baja ini dibuat dari plat baja yang dilengkungkan kemudian dua sisi pertemuannya dilas hingga membentuk sebuah pipa tanpa celah. Keunggulan pipa jenis ini adalah mudah untuk mengontrol kualitas. Selain itu pemakaiannya juga cukup tahan lama. Pipa ini mudah difabrikasi sesuai dengan kebutuhan dunia industri.

Dari bentuk-bentuk pipa baja karbon tersebut, muncul beragam jenis dan spesifikasi pipa baja karbon yang sering digunakan di dunia industri. Di antaranya:

  • ASTM A106 GR.A/GR.B/GR.C atau ASME SA 106 (Carbon Steel Seamless Pipes)

Jenis pipa yang satu ini diyakini mampu mengalirkan fluida dan gas yang bersuhu dan bertekanan tinggi. Pipa ini terdiri dari 3 tingkatan (grade A-B-C), dengan komposisi kimia yang berbeda. Biasanya, pipa ini digunakan untuk pemurnian minyak dan gas, ketel uap, pembangkit energi, atau yang lainnya.

  • ASTM A53 GR.B atau ASME SA53 (Carbon Steel Seamless Pipes)

ASTM A53 GR.B sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti saluran air dan sebagainya. Meski memang, pipa jenis ini juga biasa digunakan untuk keperluan industri pengelasan dan mesin.

  • A333 GR 3/6 (Carbon Steel Seamless Pipes)

Pipa A333 GR 3/6 terdiri dari 3 tingkatan, yaitu grade 1, 3, dan 6. Masing-masing grade memiliki kadar kandungan elemen dan ketebalan yang berbeda.

  • API 5L Line Pipe

Pipa baja karbon ini dibuat dengan ukuran ketebalan sekitar 0,205-0,512 inci, dan panjang yang berbeda di setiap ukurannya (R1, R2, R3, atau sesuai kebutuhan). Ciri khas utama dari pipa baja karbon ini adalah permukaannya memiliki lapisan antikarat dan bared black painting. Biasanya, pipa ini digunakan sebagai pipa minyak, pipa saluran, dan casing tube.

About Indonesia Marine Equipment 857 Articles
INAMEQ is provide all marine product (equipment and sparepart) and news about marine product to help procurement team at shipping industry, ship contractor, port contractor and oil gas company finding competitive price to directly connect with manufacturer and authorized local and international.

Be the first to comment

Leave a Reply