Jenis dan sifat pipa baja karbon kapal

Jenis dan sifat pipa baja karbon kapal

Berdasarkan kandungan karbon yang digunakan, pipa baja karbon dibagi menjadi tiga jenis. Berikut uraian tentang jenis pipa baja karbon dan sifat-sifatnya saat digunakan.

  • Low Carbon Steel (LSC)

Low carbon steel atau kerap dikenal dengan baja ringan banyak digunakan untuk pipa. Pipa dengan bahan ini memiliki sifat elastis dan mudah dibengkokkan untuk keperluan pemasangan. Selain itu, bahan yang digunakan untuk pipa baja ini tidak berbahaya sehingga bisa digunakan untuk berbagai sektor termasuk rumah tangga.

Pipa yang terbuat dari bahan low carbon steel mengandung 0,05-0,25% karbon. Kalau karbon di dalam pipa ditambah, kelenturan bahannya akan semakin rendah sehingga penggunaannya cukup terbatas.

Bahan karbon yang tipis pada pipa ini membuat permukaan jadi lembek dan mudah rusak. Untuk membuat permukaan dari pipa baja karbon ini kuat, pengguna bisa melakukan karburasi.

Kandungan karbon yang rendah serta massanya yang cukup ringan membuat pipa baja karbon ini mudah didapat. Masyarakat bisa membelinya langsung di toko bangunan dan menggunakannya secara langsung.

  • Medium Carbon Steel (MCS)

Pipa baja karbon selanjutnya memiliki bahan medium carbon steel. Bahan ini sedikit lebih keras dibandingkan dengan bahan LSC. Karbon yang terkandung pada pipa ini sekitar 0,3-0,6%. Pipa jenis ini banyak digunakan untuk industri besar ketimbang penggunaan rumah tangga karena butuh peralatan khusus untuk memotong atau membelokkannya.

Permukaan pipa ini cukup keras meski masih mudah dihancurkan dengan bahan yang lebih keras. Untuk membuat permukaan jadi keras, pengguna bisa memanaskan pipa dengan suhu tertentu. Setelah pipa terlihat lebih lentur, pemanasan dihentikan hingga bahan dingin dan lebih keras dari sebelumnya.

Sifatnya MCS yang tidak lentur, tidak mudah aus, dan keras membuat bahan ini banyak digunakan di industri rumah tangga. Selain untuk membuat pipa, bahan ini juga banyak digunakan untuk rel kereta api.  Selain itu, industri otomotif juga banyak menggunakan bahan ini untuk komponen mesin dan bodi.

  • High Carbon Steel (HCS)

Dari dua bahan sebelumnya, pipa high carbon steel lebih keras sehingga tidak bisa digunakan oleh semua orang. Selain itu, harga pipa dari bahan baja ini cenderung lebih mahal sehingga banyak digunakan pada industri besar seperti perminyakan atau gas yang tidak bisa menggunakan pipa lentur yang mudah rusak akibat panas atau bahan kimia.

Kandungan karbon pada pipa baja karbon ini sekitar 0,6-1%. Dengan kandungan karbon yang lebih besar, pipa ini menjadi sangat kuat, tahan korosi, tidak lentur, dan bisa digunakan secara berkelanjutan tanpa khawatir terjadi kerusakan bahan.

Selain digunakan untuk bahan pipa pada industri perminyakan dan gas, bahan baja yang kuat ini juga digunakan untuk alat pemotong seperti pedang, peralatan baja, dan bahan rumah tangga lainnya.

About Indonesia Marine Equipment 872 Articles
INAMEQ is provide all marine product (equipment and sparepart) and news about marine product to help procurement team at shipping industry, ship contractor, port contractor and oil gas company finding competitive price to directly connect with manufacturer and authorized local and international.

Be the first to comment

Leave a Reply