Klasifikasi pipa baja karbon kapal

Klasifikasi pipa baja karbon kapal

Kualitas baja karbon bisa dibedakan dari kandungan karbonnya (yang telah disebutkan tidak lebih dari 1,7%). Berikut ini adalah beberapa kualifikasi baja karbon didasari atas jumlah karbonnya.

  • LCS (Low Carbon Steel)

LCS Adalah baja dengan kadar karbon yang tidak melebihi 0,25 %. Baja karbon jenis ini memiliki kekuatan luluh hingga 275 Mpa (40.000 Psi) sertakekuatan tarik sebesar 415 dan 550 Mpa. Biasanya, LCS digunakan di bidang industri otomotif sebagai bodi mobil, serta dalam industri konstruksi untuk pipa, jembatan, hingga konstruksi kapal.

  • MCS (Medium Carbon Steel)

Kadar karbon baja yang satu ini berkisar antara 0,25% hingga 0,6 %. Karenanya, jenis baja ini cenderung lebih kuat dan keras dibandingkan dengan LCS (Low Carbon Steel). Dengan kadar karbon yang lebih tinggi, baja MCS biasanya digunakan untuk rel kereta api, mengingat sifatnya yang keras tidak mudah aus menghadapi tekanan dan suhu yang ekstrem.

  • HCS (High Carbon Steel)

Baja karbon yang satu ini memiliki kandungan karbon di atas 0.6% dan maksimum 1,4 %.  Karenanya, tak heran jika jenis baja HCS ini memiliki sifat yang sangat keras dan getas. Bahkan, proses pengerasannya pun tidak dilakukan dengan cara pemanasan, melainkan dikeraskan dengan cara tempering. Baja HCS biasanya digunakan untuk keperluan alat pemotong, tool steel, atau yang lainnya.

About Indonesia Marine Equipment 872 Articles
INAMEQ is provide all marine product (equipment and sparepart) and news about marine product to help procurement team at shipping industry, ship contractor, port contractor and oil gas company finding competitive price to directly connect with manufacturer and authorized local and international.

Be the first to comment

Leave a Reply