Penyebab kebakaran di kapal

kebakaran di kapal

Causes of fire on the ship
Causes of fire on the ship

Di kapal pipa bahan bakar bertekanan tinggi biasanya dilindungi dan uumnya kebocoran di kapal terjadi pada tangki di bagian bawah mesin yang dikenal sebagai tangki bahan bakar bocor. Menjaga sistem ini sangat penting agar selalu dalam kondisi yang baik dan biasanya untuk menghindari kebocoran maka dilakukan cara menguji alarm tangki bahan bakar secara teratur maka alarm akan bunyi.

Oleh karena itu perlu bagi surveyor kapal dan masinis kapal untuk secara rutin menguji alarm tersebut saat melakukan pemeriksaan.

Kebocoran bahan bakar terutama disebabkan karena terjadinya getaran pada pipa, klem pipa yang bergesekan dengan pipa sehingga mengakibatkan keausan dan lubang, sambungan pipa yang ada di belakang alat pengukur tekanan yang rusak akibat oleh adanya sambungan yang sudah tua (umumnya hal ini tidak terlihat secara langsung), kebocoran alat kelengkapan pada boiler.

Untuk mengatasi kebakaran sebagian besar dilakukan dengan memberikan penutup yang efektif pada permukaan yang panas seperti misalnya pada turbocharger, gas buang mesin induk, pipa-pipa uap dan pipa yang terdapat minyak panas. Penutupan tempat yang terbakar dapat dilakukan oleh masinis atau ABK (Anak Buah Kapal) mesin pada saat proses docking, kontraktor yang memang spesialis dalam hal ini dapat melaksanakan pekerjaan ini akan lebih baik karena memang profesional. Harus dibiasakan dan dibudayakan untuk menempatkan kembali segala peralatan setelah pekerjaan selesai penutupan lubang kebakaran. Terlepas dari itu semua, yang penting adalah memeriksa atau menguji detektor kebakaran atau api secara teratur dan berkala.

About Indonesia Marine Equipment 770 Articles
INAMEQ is provide all marine product (equipment and sparepart) and news about marine product to help procurement team at shipping industry, ship contractor, port contractor and oil gas company finding competitive price to directly connect with manufacturer and authorized local and international.

Be the first to comment

Leave a Reply