Posisi bantalan thordon di kapal

0
668
Seawater Lubricated Propeller Shaft Bearing Thordon

Posisi bantalan thordon di kapal dengan pelumasan minyak lumas diperlukan agar pelumasan sampai diseluruh permukaan poros propller pada bantalan kapal. Pada sebuah kapal sering kita dengar bantalan poros propeller kapal yang merupakan suatu elemen atau bagian yang memiliki kemampuan untuk menumpu poros yang berbeban pada sebuah kapal, sehingga putaran dan gerakan bolak – baliknya dapat berlangsung secara halus, aman dan panjang umur. Bantalan yang akan menumpu poros baling– baling haruslah kokoh dan kuat untuk memastikan bahwa poros baling – baling serta elemen mesin pendukung lainnya dapat bekerja dengan baik, jika bantalan poros tersebut tidak berfungsi dengan baik maka akan menyebabkan penurunan kerja sistem poros itu sendiri, sehingga tidak dapat bekerja dengan maksimal.

Compact Seawater Lubricated Propeller Shaft Bearing System
Compact Seawater Lubricated Propeller Shaft Bearing System

Jika kita lihat pada kapal yang sedang berlayar, maka getaran dapat terjadi di seluruh bagian kapal termasuk pada putaran pada poros propeller dan juga pada as kemudi, hal ini akan menyebabkan terjadinya clearane antara bantalan dan poros propeller maupun as kemudi.

Clearance pada sebuah kapal merupakan kelonggaran atau perengangan yang terjadi antara poros propeller maupun as kemudi kapal, hal ini akan selalu terjadi karena kedua elemen ini tidak bisa dipisahkan terutama untuk bagian propulsi kapal. Maka dari itu harus selalu dilakukan pemeriksaan mengenai clearance yang terjadi, terdapat batas nilai atau limit untuk clearance pada setiap bantalan dan poros propeller.

Jika mengacu kepada pengalaman bahwa limit clearance tergantung pada diameter as raddle, propeller dan pintel. Untuk ukuran bantalan juga tergantung dari as nya sendiri dan nantinya akan dihitung clearance terbesar, baru setelah diketahui ukuran diameter bantalan akan disesuaikan.

Thordon application
Thordon application

Ada beberapa macam bahan bantalan yang sering digunakan untuk penumpu as propeller kapal diantaranya :

1. Bantalan thordon bearing

Thordon merupakan campuran dengan unsur induk yaitu Sn dengan campuran Sb, Cu atau Pb. Campuran-campuran ini akan berpengaruh pada jumlah presentase tiap-tiap unsur yang tergantung atas kegunaan logam metal tersebut.
Oleh karena itu bantalan thordon dengan pelumasan minyak lumas diperlukan alur yang arahnya memanjang agar pelumasan dapat dicapai diseluruh permukaan poros baling-baling pada bantalan. Dengan adanya kelonggaran antara poros baling-baling dan bantalan, secara teoritis minyak lumas akan keluar terus.

Thordon RiverTough
Thordon RiverTough

Untuk periode penggantian bantalan thordon bearing biasanya dilakukan 2 tahun selama pemakaian dan ini tergantung dari pemilik kapal atau owner kapal.

2. Bantalan kayu pokhout

Bantalan poros baling baling yang bahannya terbuat dari kayu pokhout terdiri dari dua bagian yaitu berupa silinder dan berupa segmen, bantalan yang berupa silinder kadang – kadang dapat langsung dimasukan pada tabung poros baling – baling (tanpa rumah bantalan) ataupun dengan rumah bantalan, sedangkan bantalan kayu yang berupa segmen harus mempunyai rumah bantalan. Untuk pemakaian bantalan kayu pokhout bisa bertahan hingga 2 tahun dan ini tergantung pemakaian.

Untuk bantalan kayu digunakan pada poros propeller kapal yang terbuat dari baja karbon (carbon steel). Selain itu bantalan dipakai pada poros propeller dengan menggunakan pelumasan air laut dan bagian dalamnya menggunakan penindis cek spalling untuk menghambat rembesan air laut yang masuk melalui poros propeller.

Untuk periode penggantian bantalan thordon bearing biasanya dilakukan 2 tahun selama pemakaian dan ini tergantung dari pemilik kapal atau owner kapal.

3. Bantalan Bronze

Bantalan bronze untuk poros propeller kapal merupakan bantalan yang bisa bertahan lama, karena terbuat dari perunggu, dan bantalan ini juga termasuk memiliki harga yang mahal maka bantalan ini hampir jarang digunakan oleh para pelaku usaha maritim atau owner kapal.

Untuk periode penggantian bantalan thordon bearing biasanya dilakukan 2 tahun selama pemakaian dan ini tergantung dari pemilik kapal atau owner kapal.

4. Bantalan karet atau rubber

Untuk bantalan dari karet atau rubber dapat digunakan pada poros propeller yang terbuat dari stainless steel dan carbon steel yang sistem pelumasan porosnya menggunakan air laut dengan memakai penindis cek spalling untuk menghambat rembesan air yang masuk dari poros.

Kelebihan dari bantalan karet adalah mempunyai koefisien gesekan yang rendah, apabila air sebagai pelumasnya maka karet akan mempunyai daya tahan yang lebih baik terhadap keausan, serta konstruksinya sederhana dan murah, selain itu juga memberikan ketahanan yang baik yang dapat meredam bunyi serta getaran vertikal dari poros baling – baling.

Untuk periode penggantian bantalan karet atau rubber biasanya dilakukan 2 tahun selama pemakaian dan ini biasanya dipakai untuk jenis kapal tug boat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.