General cargo ship

0
49
General cargo ship
General cargo ship

Kapal General Cargo dibutuhkan untuk pengangkutan barang diseluruh dunia. General Cargo meliputi barang berbagai ukuran, bentuk, dan berat. Barang yang berat yang dominan dapat berupa barang-barang permesinan berat (heavy machinery), barang-barang dari baja dan pelat bagged goods atau barang-barang yang ringan (light weight packed goods).

Ada bermacam-macam sistem penanganan muatan di kapal, seperti derrick, jib crane, conveyor, pompa ramp door, container dll dan alat tersebut dipilih berdasarkan tipe muatan dan fasilitas yang tersedia di pelabuhan.

Penanganan barang menuju ke kapal umumnya dibagi dalam 4 phase, yaitu : gudang (terminal storage), dari storage area dipindah ke abpron cargo hook, hook ke palkah (hold), penempatan barang di ruang muat kapal.

Cara muat ke kapal tergantung pada kondisi dan keadaan barang yang ditangani, dapat bentuk break bulk atau dalam bentuk unitized.

1. Break bulk Cargo

Break bulk cargo adalah barang yang tidak dibundel/tidak diikat menjadi satu, karena ukuran dan volumenya berbeda-beda (tidak dalam container atau pallet), sehingga kalau diletakkan diruang muat akan timbul sisa ruangan (broke stowage) yang tidak bisa digunakan untuk menempatkan barang, besarnya kira-kira 15 persen. Oleh karena itu, breakbulk system of loading and discharge membutuhkan waktu yang lama (time consuming problem).

2. Untized Cargo

Unitizing adalah pengelompokan barang kedalam yang lebih besar yang ditangani sebagai single draft (satu muatan) dan disimpan sebagai sebuah unit. Unitized cargo dapat diklasifikasikan  sebagai palletized, container atau individually packaged atau banded cargo yang tidak cocok kalau ditangani sebagai breakbulk palletized cargo adalah breakbulk atau potongan-potongan yang besar dari general cargo yang disbanded (disatukan) atau shrink wrapped ( dibungkus), pada sebuah pallet dan sehingga ditangani sebagai sebuah unit barang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.