10 Pelabuhan Terkenal di Indonesia

Pelabuhan Terkenal di Indonesia
Pelabuhan Terkenal di Indonesia

Melihat geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan, tak heran jika Indonesia memiliki banyak pelabuhan. Berikut 10 pelabuhan terkenal yang dimiliki Indonesia

1. Pelabuhan Tanjung Priok

Tanjung Priok yang merupakan pelabuhan di sebelah Utara Provinsi DKI Jakarta ini merupakan pelabuhan tersibuk di Indonesia. Tidak hanya mengangkut penumpang, aktivitas di pelabuhan ini juga padat dengan angkutan barang yang masuk dari luar pulau dan luar negeri. Pembangunan pelabuhan Tanjung Priok diawali saat terjadi pengendapan lumpur di muara Ciliwung pada pertengahan 1960. Hal itu menjadi masalah bagi kapal-kapal untuk berlabuh di Pelabuhan Sunda Kelapa. Atas kondisi itu Tanjung Priok akhirnya menjadi lokasi alternatif karena lokasinya hanya 9 km dari Sunda Kelapa.

Pelabuhan Merak memiliki letak strategis yakni menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera yang terpisah oleh Selat Sunda. Pelabuhan Merak menjadi pintu masuk dari Provinsi Lampung di Pulau Sumatera dengan Provinsi Banten, di pulau Jawa ataupun sebaliknya. Setiap harinya terdapat ratusan perjalanan feri dari Merak ke Bakauheni di Lampung ataupun sebaliknya.

3. Pelabuhan Tanjung Perak 

Pelabuhan ini merupakan pelabuhan kedua teramai setelah pelabuhan Tanjung Priok. Setiap harinya, pelabuhan yang terletak di Surabaya ini kedatangan ratusan kapal. Pelabuhan Tanjung Perak menghubungkan Surabaya dengan kota-kota pelabuhan lain di Indonesia. Pembangunan Tanjung Perak dimulai pada tahun 1910.

4. Pelabuhan Bakauheni

Pelabuhan Bakauheni menjadi pelabuhan penting mengingat posisinya yang menghubungkan Sumatera dengan Jawa. Pelabuhan di Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan ini disinggahi ratusan kapal setiap harinya. Kapal feri yang berlabuh di Bakauheni biasanya melayani jasa penyeberangan angkutan darat seperti bus-bus penumpang dari Merak, truktruk barang ataupun mobil dan motor pribadi.

5. Pelabuhan Tanjung Mas

Pelabuhan Tanjung Mas adalah pelabuhan di Semarang, Jawa Tengah. Pelabuhan yang memiliki luas 500 hektare ini memiliki beberapa fasilitas antara lain seperti Alur Pelayaran, Kolam Pelabuhan, Dermaga, Gudang, dan Terminal. Di area pelabuhan Tanjung Mas terdapat sebuah Mercusuar bernama Willem 3. Mercusuar ini dibangun pada tahun 1884 di wilayah pelabuhan Tanjung Mas oleh Pemerintah Kolonial Belanda dalam rangka menjadikan kota Semarang sebagai kota pelabuhan dan dagang.

6. Pelabuhan Ketapang 

Pelabuhan Ketapang adalah pelabuhan khusus kapal feri di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pelabuhan ini menjadi pintu gerbang dari Pulau Jawa menuju Pulau Bali ataupun sebaliknya melalui Selat Bali. Setiap harinya ada ratusan feri yang berlabuh di pelabuhan Ketapang.

7. Pelabuhan Harbour Bay 

Jika berkunjung ke Pulau Batam, tidak afdol rasanya jika tidak berkunjung ke Pelabuhan Harbour Bay. Pelabuhan Harbour Bay tidaklah seperti pelabuhan biasanya terlebih pemandangannya di malam hari. Dari sini, kita bisa melihat lampu – lampu negara Singapura yang begitu indah. Wajar saja, banyak restoran bertarif mahal berjejer di wilayah pelabuhan Harbour Bay. Kini Pelabuhan Harbour Bay telah menjadi salah satu destinasi wisata di pulau Batam.

8. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa atau sering disebut pasar ikan merupakan salah satu pelabuhan dengan sejarah panjang bagi Kota Jakarta. Pasalnya, pelabuhan ini sudah ada sejak zaman kerajaan Padjajaran atau sekitar abad ke 12. Awalnya, Pelabuhan Sunda Kelapa bernama Pelabuhan Kalapa. Pelabuhan ini menjadi sebuah pelabuhan penting keluar masuknya barang ke wilayah Jakarta yang saat itu dikuasai oleh kerajaan Padjajaran. Pada awal tahun 1970 nama Kalapa dirubah menjadi Sunda Kelapa.

9. Pelabuhan Batam Center 

Berbeda dengan Harbour Bay, Batam Center lebih didominasi dengan kapal – kapal laut pengangkut barang. Banyak barang – barang dari Singapura dan Malaysia di Impor lewat pelabuhan ini. Jangan heran jika kita banyak menjumpai produk – produk impor di jual dengan harga murah di daerah Batam Center. Pada saat ini ada dua macam kapal feri yang beroperasi yakni Batam Fast dan Penguin dengan jadwal keberangkatan hampir tiap jam mulai dari jam 6:00 pagi sampai jam 21:00 malam.

10. Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar 

Tidak hanya bandara internasional di Tangerang yang dinamai presiden dan wakil presiden Indonesia pertama, Kota Makassar pun menamai pelabuhannya dengan nama Pelabuhan Soekarno–Hatta. Pelabuhan ini dikelola oleh PT Pelindo (Pelabuhan Indonesia) dan terdapat terminal peti kemas. Terminal peti kemas merupakan wilayah keluar masuknya barang dari atau ke Makassar.

Fasilitas Terminal Modern Pelabuhan Tanjung Perak 

Di antara pelabuhan di Indonesia, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya merupakan salah satu pelabuhan termodern. Pelabuhan itu kini memiliki terminal penumpang pelabuhan komersial modern Gapura Surya Nusantara. Terminal pelabuhan modern ini diklaim sebagai pelabuhan pertama memberikan layanan angkutan laut layaknya penumpang angkutan udara.

  • Interior Adopsi Pelabuhan Kapal Pesiar Miami

    Bangunan Pelabuhan Komersial Modern Gapura Surya Nusantara mengadopsi terminal pelabuhan kapal pesiar di Miami Amerika Serikat.

  • Garbarata seperti Bandara

    Terminal pelabuhan penumpang di Surabaya ini dilengkapi dengan fasilitas jembatan garbarata atau avio bridge. Fasilitas ini umum disediakan pada bandara-bandara kelas internasional di Indonesia.

Fakta Pelabuhan Indonesia 

* Bank Dunia pada 2014 mencatat ranking Indonesia di subsektor kepelabuhanan ada di urutan ke-74 dari 160 negara.

* Selama lima tahun kedepan, pemerintah menargetkan pengembangan 24 pelabuhan berskala internasional dengan biaya lebih dari Rp424 triliun.

* Pengembangan 24 pelabuhan tersebut dimaksudkan agar bisa dilewati kapal niaga besar berkapasitas 3.000 – 6.000 TEUs.

* Mengutip laporan World Economic Forum (WEF) 2014, pelabuhan di Indonesia menermpati urutan ke-6 dari 9 negara ASEAN.

* Global Competitive Index (GCI) 2013-2014 yang juga dirilis oleh WEF, mencatat kualitas infrastruktur pelabuhan Indonesia berada di peringkat 89 dari 148 negara yang disurvei.

* Peringkat itu paling rendah dibandingkan infrastruktur jalan raya (78) dan infrastruktur bandara (68).

* Lebih dari 60% arus barang ekspor dan impor melalui pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta.

* Waktu bongkar muat pelabuhan di Indonesia rata-rata membutuhkan waktu selama delapan hari. Hal ini lebih lama dibanding pelabuhan di Thailand yakni lima hari dan di Singapura satu sampai dua hari.

Sistem keamanan seperti bandara

Seperti di bandara-bandara komersial, penumpang di pelabuhan ini harus melewati sistem security check poin. Artinya penumpang dan barang bawaan harus melalui pemeriksaan melalui mesin X-Ray dan Metal Detector.

Check In Counter

Usai melewati security check poin, penumpang harus melakukan pendataan di check in counter seperti di bandarabandara komersial

Boarding Lounge Sebelum Keberangkatan

Penumpang bisa menuju area keberangkatan usai melakukan check in. Memakai eskalator, penumpang bisa menuju area boarding lounge seperti yang ada pada ruang keberangkatan di bandara-bandara.

  • Mampu Tampung 4.000 Penumpang

Terminal pelabuhan penumpang Gapura Surya Nusantara dibangun pada lahan seluas 16.120 m2 dan memiliki 3 Terminal dan mampu menampung 4.000 penumpang angkutan laut.

  • Toilet Nyaman

Fasilitas toilet yang diberikan mirip dengan fasilitas di hotel atau mall. Bahkan ada fasilitas toilet untuk penyandang cacat.

Source : https://nasional.sindonews.com/read/998303/163/10-pelabuhan-terkenal-di-indonesia-1430963937

Advertisements
About Indonesia Marine Equipment 1118 Articles
INAMEQ is provide all marine product (equipment and sparepart) and news about marine product to help procurement team at shipping industry, ship contractor, port contractor and oil gas company finding competitive price to directly connect with manufacturer and authorized local and international.

Be the first to comment

Leave a Reply