Prosedur perawatan dan perbaikan kapal kayu

0
111
Phinisi Type Wooden Ship
Phinisi Type Wooden Ship

Prosedur kegiatan perawatan dan perbaikan kapal kayu

1. Prosedur yang dilakukan pada dasarnya tidak terlalu rumit dan birokratis. Setelah ada surat pengantar dari syahbandar (atau hal tersebut bisa dibantu oleh pihak galangan) dan setelah terjadi kesepakatan bersama maka proses perbaikan kapal dimulai.

2. Prosedur pertama dilakukan adalah memberitahukan kepada pihak galangan mengenai keinginan pemilik dalam melakukan kegiatan doking.

3. Pemberitahuan itu juga menentukan tanggal dan waktu pengedokan kapal ke atas slipway. Penentuan waktu doking berdasarkan ketersediaan tempat yang ada dan juga berdasarkan kepercayaan lama dari pemilik kapal.

4. Setelah negosiasi berjalan lancar dan disetujui oelh kedua belah pihak, kapal dapat langsung dinaikkan ke atas slipway sesuai tanggal dan waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Secara garis besar, kegiatan docking kapal terbagi atas :
1. Penarikan kapal ke atas slipway.
2. Pencucian dan pembersihan seluruh badan kapal.
3. Pemakalan dan pendempulan.
4. Perbaikan kerusakan bagian kapal terutama perkayuan.
5. Pengecatan kapal.
6. Perbaikan mesin, jangkar dan lainnya.
7. Penurunan kapal dari slipway.

1. Penarikan kapal ke atas slipway.

Kapal yang akan mengalami doking dinaikkan ke atas slipway mnggunakan lori yang ditarik oleh tali yang ditarik menggunakan winch hauler (boom). Proses penaikan kapal ini melibatkan 6-10 orang (tergantung besar kecilnya ukuran kapal, dengan 1 orang sebagai pemegang komando, lima orang diantara mereka masuk kedalam kolam dok untuk memastikan agar lunas kapal telah tepat berada di bagian tengah loriMereka juga menjaga agar kapal tetap berada dalam keseimbangan selama proses penaikan kapal. Bagian bawah lambung kiri dan kanan kapal diganjal dengan menggunakan beberapa balok kayu. Proses ini memakan waktu menit, tergantung ukuran kapal yang akan dinaikkan ke atas slipway.

2. Proses Pencucian kapal.

Setelah kapal berada di slipway, kegiatan yang pertama kali dilakukan adalah pembersihan atau pencucian seluruh bagian kapal. Pencucian ini menggunakan air tawar yang berasal dari ledeng. Selama proses pencucian berlangsung, dilakukan kegiatan pembersihan badan kapal dari binatang laut dan kotoran lain yang menempel pada lambung kapal. Alat yang digunakan adalah serok dan sikat besi. Pembersihan ini dilakukan pada seluruh badan kapal terutama bagian lambung kapal. Kegiatan ini berlangsung selama 1-2 jam. Dengan keadaan kapal yang sudah bersih, maka dapat dilihat secara pasti dan jelas mengenai kondisi kapal, sehingga dapat diketahui bagian bagian yang perlu perbaikan atau pengantian. Bagian-bagian yang rusak dapat dilepaskan terlebih dahulu untuk diperbaiki, diantaranya adalah baling-baling, daun kemudi, klep depan dan belakang, as baling-baling dan bagian permesinan.

Prosedur kegiatan perawatan dan perbaikan kapal kayu
Prosedur kegiatan perawatan dan perbaikan kapal kayu

3. Pemakalan dan pendempulan badan kapal.

  • Proses perawatan kapal yang rutin dilakukan setiap tahun adalah pengecatan kapal kembali. Proses ini dimulai dengan pengelontokan cat yang telah lama dan telah terkelupas, dilanjutkan dengan proses penggantian papan- papan lambung yang telah lapuk dan pemakalan. Proses pakal adalah kegiatan menambal, bagian antar papan pada lambung kapal dengan menggunakan makjun. Makjun merupakan semacam serat yang terbuat dari remi. Serat ini dimasukkan pada sela sela papan dengan mengunakan palu dan pakal.
  • Proses pemakalan dan pendempulan memakan waktu 2-3 hari tergantung kepada jumlah pekerja dan ukuran kapal yang dikerjakan.
  • Bagian yang selesai dipakal dilumasi dengan adonan dempul hasil campuran bubuk dammar dan dempul kapal (tabel dibawah).
AdonanWarnaFungsi
Bubuk dammar + dempul kapalCoklat tuaMenambal makjun pada rongga antar papan pada lambung kapal
Dempul kapal + semen putihCoklat mudaMenambal pipa-pipa atau batangan besi lainnya
Bubuk semen putih + lem kapalPutihMenambal kebocoran dan lubang-lubang pada badan kapal
Dempul mobilKrimMenambal keocoran yang besar, paling kuat dan paling mahal harganya

4. Pengecatan kapal.

Proses pengecatan dimulai dengan pemberian cat menie pada seluruh bagian lambung kapal. Pemberian cat menie bermulai dari lunas (dasar) sampai batas water line tertinggi. Cat ini diharapkan dapat menjadi anti fouling dan anti karat pada lambung kapal. Proses selanjutnya adalah pemberian cat yang sesuai dengan keinginan pemilik kapal. Cat ini melapisi cat menie yang telah kering sebelumnya. Proses pengecatan kapal deilakukan oleh kelompok pekerja yang berbeda dari sebelumnya. Berjumlah 5-6 orang sehingga proses ini dapat diselesaikan selama 1-2 hari. Jika seluruh kegiatan perawatan kapal selesai maka bagian bagian kapal yang lain dilepaskan sebelumnya (daun kemudi, baling baling, clamp depan belakang dan as baling baling) dapat dipasang kembali.

Kapal Kayu Phinisi
Kapal Kayu Phinisi

5. Kegiatan Reparasi.

Penggantian kayu lunas, penambahan kayu lunas (memperpanjang lunas kapal pada bagian buritan, dan penambahan kayu lunas menambah ketebalan lunas kapal). Clamp depan dan belakang lunas kapal serta daun kemudi. Clamp merupakan bagian yang terbuat dari besi yang berada pada bagian sambungan linggi depan dan belakang kapal dengan lunas kapal. Clamp berfungsi untuk memperkuat sambungan tersebut. Pemasangan clamp dengan menggunakan mur yang diborkan ke dalam kayu linggi dan lunas. Daun kemudi yang telah lapuk atau rusak dapat diganti sesuai dengan ukurannya semula. Perbaikan atau pergantian baling-baling hanya dilakukan jika mengalami patah saja. Daun baling-baling yang patah dapat disambungkan kembali dengan pengelasan atau menggantinya dengan baling-baling yang baru. Proses perbaikan juga sering dilakukan untuk mengganti papan papan dek yang telah lapuk.

6. Penurunan kapal dari slipway

Proses penurunan kapal hampir serupa dengan penaikan kapal hanya berlawanan arah saja. Biasanya penurunan kapal lebih cepat dari pada penarikan kapal.

Read more : Shipyard Industry in Indonesia; Ship Repair Cost Analysis;; Cost component of ship repairShip Repair Process with Quality Function Deployment Method

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.