Peralatan di kapal tugboat

0
1151
Peralatan yang terdapat di kapal tugboat
Peralatan yang terdapat di kapal tugboat

Berikut adalah peralatan yang umum di kapal tugboat :

1. Hull.

Pemeriksaan kondisi lambung kapal/hull apakah layak laut sesuai sertificate dan peraturan-peraturan (regulasi) yang berlaku, pada pemeriksaan ini meliputi pada pemeriksaan kondisi sheel plate, deck plate, crews compartement, engine room, side scuttles, sky lights, deck accessories, serta kekedapan watertight door opening, manholes, dan air pipes.

2. Main engine & Auxiliary engine.

Pemeriksaan secara visual atau engine trial. Jika perlu periksa juga log book untuk mengetahui kejadian-kejadian terhadap mesin.

3. Navigation, communication, steering gears and safety equipment.

Pastikan tersedia 1 unit radar, 1 unit VHF radio, 1 unit SSB radio. Periksa juga kondisi navigation light agar dapat berfungsi dengan baik dan safety equipment apakah dapat berfungsi dan tidak expire.

4. Towing Equipment.

Harus terdapat 2 coil Towing line dia 3″ s/d 4″ diatas tugboat, 1 coil untuk digunakan dan 1 lagi untuk cadangan. Panjang towing line antara 150 s/d 175 meter.

5. Towing braidles.

Towing braidles ini dipasang pada tongkang yang ditunda dan diikat pada towing chock (smith pad eye/smith bracket) dan dalam kondisi baik serta belum terdapat serat-serat baja yang terputus.

6. Shackles.

Shackle yang harus tersedia diatas tug boat disesuaikan dengan kapasitas bollard pull, minimal tersedia 3 buah untuk keperluan singgle tow 25 ton, 5 s/d 10 ton minimal 3 buah untuk penempatan shackle tersebut pada bagian antara towing line dengan braidles, dan antara braidles dengan towing chock.

7. Towing hook.

Periksa apakah towing hook dapat berfungsi dengan baik.

8. Towing Arch.

Bagian ini berfungsi sebagai pengaman dari towing line pada saat kondisi towing.

9. Sertificate.

Seritifikat yang biasa dikeluarkan oleh Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) adalah :
– Seaworthiness Certificate (Hull & machinery).
– Load line certificate.
– Certificate of registry.

10. Bunker oil.

Harus dipastikan bahwa bahan bakar cukup untuk pelabuhan tujuan, olehnya itu perlu diketahui Horse power tugboat, Fuel capacity, fuel consumption, speed, dan voyage.

Tugboat
Tugboat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.