Fungsi dan keunggulan centifugal pump di kapal

Marine pump

Centrifugal pump for marine
Centrifugal pump for marine

Fungsi dan keunggulan gear pump di kapal

Gear pump dipakai di kapal adalah untuk memompakan bahan bakar, minyak pelumas, hydraulic oil. Gear pump (pompa roda gigi) adalah jenis pompa positive displacement dimana fluida akan mengalir melalui celah-celah roda gigi dengan dinding rumahnya. Disebut sebagai pompa karena fluida yang dialirkan pada umumnya berupa cairan (liquid) atau bubur (slurry). Sedangkan pompa positive displacement berarti pompa tersebut menghisap sejumlah fluida yang terjebak yang kemudian ditekan dan dipindahkan ke arah keluaran (outlet). Gear pump sering digunakan untuk aplikasi hydrolic fluid power. Namun, tidak jarang juga digunakan pada bidang kimia untuk mengalirkan fluida pada viskositas tertentu. Terdapat dua jenis gear pump, yaitu external gear pump dan internal gear pump. Pompa ini digolongkan sebagai fixed displacement karena jumlah fluida yang dialirkan setiap putarannya selalu tetap.

External gear pump

Cara Kerja external gear pump :

Gear pump bekerja dengan cara mengalirkan fluida melalui celah-celah antara gigi dengan dinding. Kemudian fluida dikeluarkan melalui saluran outlet karena sifat pasangan roda gigi yang selalu memiliki titik kontak. Suatu pasangan roda gigi secara ideal akan selalu memiliki satu titik kontak dengan pasangannya meskipun roda gigi tersebut berputar. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh mekanisme gear pump untuk mengalirkan fluida. Dengan kata lain, secara ideal fluida tidak akan masuk melalui titik kontak pasangan roda gigi tersebut.

Jika jumlah gigi semakin sedikit maka volume fluida yang dialirkan semakin besar karena rongga antara roda gigi dengan dinding semakin besar pula. Sedangkan untuk meningkatkan flowrate dapat dilakukan juga dengan meningkatkan rpm dari roda gigi tersebut. Pompa jenis ini tidak memeerlukan katup/valve seperti pad reciprocating pump sehingga loss dapat berkurang.

Cara pemasangan external gear pump :

  1. Jaga reservoir selalu berada di atas posisi gear pump karena gear pump hanya memiliki daya hisap yang rendah.

  2. Jangan sampai gear pump dalam keadaan kering karena biasanya fluida yang dialirkan juga dapat berfungsi sebagai pelumas.

Penggunaan external gear pump :

  1. Mengalirkan berbagai macam oli bahan bakar maupun pelumas.
  2. Mengukur jumlah aditif yang dicampurkan pada bahan kimia.
  3. Mencampur dan mengaduk bahan kimia.
  4. Sistem hidrolik pada industri dan mobil.
  5. Aplikasi untuk low volume transfer lainnya

Keuntungan penggunaan external gear pump :

  1. High speed.
  2. High pressure.
  3. Tidak ada beban yang tinggi pada bearing.
  4. Tidak berisik jika semua bagian dimanufaktur dengan baik.
  5. Desain tersedia dalam berbagai macam material sesuai kebutuhan.

Kerugian penggunaan external gear pump :

  1. Membutuhkan empat bushing yaitu pada ujung masing-masing poros gear.
  2. No solid allowed.
  3. Fixed end clearance.

Internal Gear Pump

Cara Kerja Internal gear pump :

Internal gear pump bekerja dengan memanfaatkan roda gigi dalam yang biasanya dihubungkan dengan penggerak dan roda gigi luar yang biasanya bertindak sebagai idler. Awalnya fluida masuk lewat suction port antara rotor (roda gigi besar) dan idler (roda gigi kecil). Fluida kemudian masuk melalui celah-celah roda gigi. Bagian yang berbentuk seperti bulan sabit membagi fluida dan bertindak sebagai seal antara suction dan discharge port. Fluida yang membanjiri discharge port akan terus didorong oleh fluida dibelakangnya sehingga fluida terus mengalir.

Aplikasi internal gear pump diantaranya untuk :

  1. Berbagai macam oli bahan bakar dan pelumas.
  2. Food product seperti sirup, coklat atau peanut butter.
  3. Alkohol dan solvent.
  4. Aspal, bitumen dan tar.
  5. Polyurethane foam.
  6. Cat, tinta dan pigmen.

About Indonesia Marine Equipment 844 Articles
INAMEQ is provide all marine product (equipment and sparepart) and news about marine product to help procurement team at shipping industry, ship contractor, port contractor and oil gas company finding competitive price to directly connect with manufacturer and authorized local and international.

Be the first to comment

Leave a Reply