Sistem perpipaan di kapal

Sistem perpipaan di kapal

Sistem Air Tawar.

Pada sistem air tawar pipa kapal terdapat hidrofor air tawar, pompa air tawar; pompa, pipa-pipa; katup-katup; dan perlengkapan lainnya. Dengan tangki-tangki air tawar dihubungkan dengan pompa air tawar melalui pipa-pipa air tawar sesudah sebelumnya melewati filter penyaring terlebih dahulu. Kemudian pompa air tawar tersebut dihubungkan dengan tangki dan pompa hidrofor air tawar lalu didistribusikan ke tempat yang membutuhkan air tawar dan juga dialirkan ke sistem pendinginan air tawar mesin induk dan mesin bantu. Pada mesin bantu dan mesin induk telah dilengkapi alat pendingin dan perlengkapan lainnya sesuai dengan standar pabrik pembuat. Sistem pendingin air tawar pada kapal terbuat dari pipa baja tanpa kampuh memanjang yang digalvanisi dan penyambung sistem pipa yang fleksibel dan perlengkapan-perlengkapan standard dari pabrik pembuat

Sistem Air Laut.

Jika dengan instalasi sistem saniter air laut diantaranya pompa dan hidrofor air laut, katup-katup, pipa-pipa, dan perlengkapan lainnya. Hidrofor dihubungkan dengan instalasi sistem pipa balas untuk mendapatkan suplai air laut, yang kemudian didistribusikan ke tempat-tempat yang membutuhkan.

Sistem Udara bertekanan.

Sistem udara tekan ini digunakan untuk penyemprotan kerangan laut di kamar mesin, sistem pneumatik pada reversing gear box motor induk, seruling kapal, menstart mesin induk, cuci-mencuci peralatan permesinan dan lain-lain. Instalasi pipa udara tekan ini cocok untuk sistem udara tekan dengan tekanan kerja 30 kg/cm2. Udara yang dihasilkan dari kompresor udara diisikan ke dalam botol angin. Pipa-pipa dibuat dari baja hitam tahan tekanan tinggi dan tahan terhadap korosi air laut, dilengkapi sertifikat pabrik pembuat atau sertifikat kelas untuk pipa baja hitam tahan tekanan tinggi. Katup-katup juga dari bahan yang sesuai standard pabrik pembuat dan persyaratan kelas tahan tekanan tinggi dan korosi air laut.

Sistem Bahan Bakar.

Sistem aliran bahan bakar diambil tanki port dan tanki starboard bahan bakar didasar ganda dengan pompa pemindah bahan bakar sesudah sebelumnya melewati filter penyaring bahan bakar. Kemudian aliran bahan bakar dibagi dua ke tanki harian bahan bakar untuk mesin induk dan mesin bantu pada sisi port dan starboard dan seterusnya disalurkan kepada mesin-mesin yang membutuhkan. Bahan bakar sisa pembakaran disalurkan kembali ke tanki harian sesudah melewati filter penyaring. Pipa-pipa sistem bahan bakar dibuat dari pipa baja hitam, dilengkapi dengan perlengkapan pipa yang terbuat dari bahan yang sesuai dengan standard dan peraturan BKI.

Sistem Pelumas.

Sistem minyak pelumas ini tidak menggunakan pompa tambahan, tetapi pompa minyak lumas yang sudah menjadi bagian dari paket instalasi mesin induk. Minyak lumas ini sesudah melewati filter langsung disalurkan dari tanki menuju mesin-mesin induk dan mesin-mesin bantu

About Indonesia Marine Equipment 844 Articles
INAMEQ is provide all marine product (equipment and sparepart) and news about marine product to help procurement team at shipping industry, ship contractor, port contractor and oil gas company finding competitive price to directly connect with manufacturer and authorized local and international.

Be the first to comment

Leave a Reply