Jenis dan cara penyambungan pipa

jenis sambungan pipa

Pipa memiliki banyak peran di dunia industri memiliki peran penting dengan aneka ragam ukuran yang panjang dan bahkan beberapa jenis telah memiliki siku. Pipa sendiri membutuhkan sambungan agar dapat menjadi sistem instalasi yang sesuai dengan kebutuhan. Sambungan pipa juga difungsikan sebagai penyambung dua buah pipa atau lebih dan sering kita sebut dengan istilah fitting. Fitting ini sudah sering digunakan dan ditemukan dalam seluruh jenis pipa, termasuk pipa baja, besi dan sebagainya. Terdapat dua jenis tipe fitting dalam pipa yang paling banyak digunakan.

  • Welded component adalah jenis fitting yang pertama, sifatnya adalah tetap dan tidak bisa diubah-ubah. Welded component memiliki sifat tetap dikarenakan penyambungannya memakai cara pengelasan sehingga akan sangat sulit jika ingin dibuka kembali atau diubah-ubah. Fitting welded component memiliki dua jenis, yaitu butt welded component dan socket welded component. Pada tipe Butt welded component, sambungan pipa menggunakan cara pengelasan langsung dari pipa dan juga fitting pada bagian butt. Socket welded component, sambungan pipa dilakukan melalui cara pengelasan pada bagian fillet baik dari pipa maupun dari butt yang mengalami pertemuan. Pipa sendiri dimasukkan ke bagian socket dari fitting terlebih dahulu sebelum proses pengelasan dimulai.
  • Tipe fitting kedua adalah threaded Component yang biasanya juga disebut sebagai fitting berulir karena bentuknya berulir. Pipa ini otomatis dapat dibuka kembali sesuai dengan kebutuhan maupun untuk perawatan. Terdapat berbagai macam jenis fitting berulir ini yaitu terdiri dari Equal thee, Cross, Coupling, Concentric reducer, short radius atau Long radius elbow 45-90, Short radius atau Long radius return 180, Cap, Reducing tee, Eccentric Reducer, Half coupling, Welding boss, Union, dan berbagai macam jenis lain. Jenis pemasangan sambungan ini tidak membutuhkan proses pengelasan.
About Indonesia Marine Equipment 694 Articles
INAMEQ is provide all marine product (equipment and sparepart) and news about marine product to help procurement team at shipping industry, ship contractor, port contractor and oil gas company finding competitive price to directly connect with manufacturer and authorized local and international.

Be the first to comment

Leave a Reply