Tak Hanya Bandara, Pelabuhan Juga Diawasi Ketat Usai Ada Corona

0
99
Ilustrasi Pencegahan Virus Corona di Pelabuhan
Ilustrasi Pencegahan Virus Corona di Pelabuhan

Jakarta –  Kasus virus corona pertama telah terjadi di Indonesia. Kini, Kementerian Perhubungan memperketat pengawasan jalur masuk transportasi asing ke Indonesia. Selain memperketat pengawasan di bandara, pelabuhan diperintahkan untuk diawasi secara seksama.

“Dengan adanya positif Corona yang diumumkan, Kemenhub tentu akan memperketat pengawasan baik di Bandara maupun pelabuhan internasional yang ada di Indonesia,” kata Plt Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, Yudhonur Setyaji Paridjo, kepada wartawan, Selasa (3/3/2020).

Sebelumnya, Dirjen Perhubungan Udara telah menerbitkan surat edaran untuk meningkatkan pengawasan masuknya penumpang maskapai internasional. Ini untuk mencegah berjangkitnya virus corona di Indonesia.

“Kesiagaan pengawasan pencegahan masuknya virus Corona dari Bandara dan Pelabuhan telah dilakukan, bahkan sebelum WHO menetapkan Status darurat global wabah virus Corona pada awal Februari lalu,” ujar Yudhonur.

Untuk kebijakan menutup jalur penerbangan dari negara tertentu, Kemenhub tidak bisa serta merta melakukannya. Ini karena kebijakan itu perlu dilandasi keputusan Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Related article : Cegah Virus Corona, Menhub: Pengawasan di Bandara dan Pelabuhan Sesuai Prosedur

“Sampai saat ini, Indonesia baru menutup sementara penerbangan dari dan ke Mainland China, karena memang wilayah tersebut masuk dalam kategori merah,” ujar Yudhonur.

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-4922829/tak-hanya-bandara-pelabuhan-juga-diawasi-ketat-usai-ada-corona/

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.