Proses terjadinya kavitasi propeller kapal

Kavitasi adalah fenomena penguapan air (Timbulnya buih/ gelembung-gelembung) atau mendidih karena penurunan tekanan yang ekstrim di depan,atau, sisi hisap baling-baling (Propeller).
Kavitasi dapat disebabkan oleh torehan(Goresan kecil) di bagian terdepan, Daun Propeller bengkok,sudut tajam di tepi depan (Leading Edge), Pencocokan/Pemasanganbaling-baling yang salah ke kapal dan mesin atau, kecepatan kapal yangcukup tinggi.

Kavitasi biasa terjadi pada propeller kapal dan impeller pompa. Cara kerjanya adalah  ketika fluida air melewati foil maka bagian atas foil akan mempercepat diri karena pengaruh bentuk foil (konsep Cf dan Cd Foil). ketika kecepatan menambah maka tekanan menjadi turun. aliran fluida yang terjadi berbentuk swing yang sangat cepat. Bila kita mengacu pada diagram T-S pada thermodinamika ada bagian liquid dikanan dan vavor dikiri kubah uap, karena tekanan turun maka memuat fluida melewati batas saturasi dan timbulah gelembung berisi vavor. membesarnya vavor dipengaruhi oleh konsep heat transfer seperti proses terjadinya pendidihan. Terdapat 3 parameter yaitu tegangan permukaan gelembung dan tekanan vavor serta tekanan liquid dalam hal ini air, apabila tekanan liquid lebih besar dibanding tegangan permukaan dengan luas penampang gelembung maka gelembung akan pecah dan tekanan liquid akan menekan permukaan foil tersebut (konsep perpindahan karena perbedaan tekanan).

About Indonesia Marine Equipment 857 Articles
INAMEQ is provide all marine product (equipment and sparepart) and news about marine product to help procurement team at shipping industry, ship contractor, port contractor and oil gas company finding competitive price to directly connect with manufacturer and authorized local and international.

Be the first to comment

Leave a Reply