Proses docking kapal

0
591

Untuk memperbaiki atau mereparasi bagian kapal yang berada di bawah garis air kapal harus melakukan pengedokan. Adapun persiapan pengedokan dilakukan bersama antara kru kapal dengan pihak galangan (bidang sarana laut) agar pengedokan berjalan dengan baik. Sebelum pengedokan pihak owner memberikan data-data kapal yang diperlukan pihak galangan seperti gambar docking plan yang akan digunakan untuk membuat posisi side block, selain itu juga data mengenai berat kapal kosong (LWT) dan ukuran utama kapal agar dapat disesuaikan dengan kemampuan dari dok. Kadang-kadang dari pihak galangan juga harus mengecek ke lapangan untuk membandingkan data yang didapat dengan data real di lapangan. Setelah data yang benar didapat kemudian diarsipkan sehingga apabila kapal tersebut melakukan pengedokan kembali persiapannya dapat dilakukan dengan cepat karena data kapal sudah ada.

Persyaratan kapal naik docking : Kapal naik dok harus memenuhi sarat maksimum yang dimiliki graving dock serta kemampuan angkat dok tersebut. Serta docking plan (gambar rencana dok) sudah dalam posisi yang direncanakan sesuai dengan kapal yang akan naik dok.

  • Kapal yang masuk diusahakan dalam keadaan rata (even keel), apabila tidak rata maka bisa diatasi dengan mengisi atau mengosongkan ballast pada haluan atau buritan.
  • Kapal harus keadaan kosong, baik bahan bakar, air tawar, air ballast, atau bahan-bahan yang akan terbakar. Untuk mengosongkan tangki dilakukan oleh pihak kapal sehinga kapal yang akan diperbaiki sudah bersih dari bahan-bahan tersebut.
  • Bahan-bahan yang mudah terbakar atau meledak harus diturunkan dari kapal, biasanya untuk armada kapal perang terdiri dari amunisi, bahan peledak, dan lain-lain.

Khusus untuk kapal tanker bila naik  dok harus sudah gas free atau bebas gas, yang dilakukan oleh pihak pemilik kapal. Sertifikasi gas free berlaku selama 24 jam setelah sertifikat dikeluarkan. Dalam pori-pori pelat masih mengandung gas yang mudah memuai dan terbakar. Sehingga sebelum dilakukan pemotongan atau pengelasan sebaiknya kondisi kapal harus bebas gas.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.