Pengertian dan istilah untuk HF, VHF dan UHF

HF, VHF dan UHF

Definition and terms for HF, VHF and UHF
Definition and terms for HF, VHF and UHF

Berikut di bawah ini adalah Pengertian, singkatan kata dan istilah kata yang terkait dengan bidang radio komunikasi HF, VHF dan UHF.

Definisi

Radio Komunikasi HF, VHF dan UHF adalah alat dan perangkat komunikasi radio yang berfungsi sebagai pemancar/penerima (transceiver) yang bekerja dalam pita frekuensi HF, VHF dan UHF untuk keperluan stasiun-stasiun radio dalam dinas komunikasi radio teresterial (termasuk stasiun Amatir Radio dan Komunikasi Radio antar Penduduk) sesuai dengan daftar tabel alokasi pada pita frekuensi tersebut.

Dimana perangkat dimaksud antara lain diaplikasikan dalam bentuk perangkat bergerak (Handy Talkie) dan perangkat tetap (RIG).

Pengertian, Istilah, Singkatan HF, VHF dan UHF

Pengertian UHF sendiri berdasarkan wikipedia sebagai berikut :

Ultra High Frequency (UHF) merupakan gelombang elektromagnetik dengan frekuensi antara 300 MHz sampai dengan 3 GHz (3.000 MHz). Panjang gelombang berkisar dari satu sampai 10 desimeter atau sekitar 10 cm sampai 1 meter, sehingga UHF juga dikenal sebagai gelombang desimeter.

Gelombang radio dengan frekuensi di atas pita UHF adalah super high frequency atau frekuensi super tinggi (SHF) dan extremely high frequency atau frekuensi ekstrem tinggi (EHF). Sedangkan sinyal frekuensi yang lebih rendah termasuk ke dalam very high frequency atau frekuensi sangat tinggi (VHF).

Perbedaan VHF dan UHF
Perbedaan VHF dan UHF

Singkatan dan Kepanjangan Kata

Singkatan Kata Kepanjangan Kata
HF High Frequency
VHF Very High Frequency
UHF Ultra High Frequency
AM Amplitude Modulation
FM Frequency Modulation
SSB Single Side Band
TxlRx Transceiver/Receive
KHz Kilo Heftz
MHz Mega Hertz
rms root mean square
PTT Push To Talk
AC Alternating Current
RF Radio Frequency
dB Decibel
DC Direct Current
ppm part per million
KRAP Komunikasi Radio antar Penduduk

Perbedaan VHF dan UHF

Perbedaan antena VHF dan UHF pada dasarnya terletak pada ukurannya. Frekuensi UHF jauh lebih tinggi daripada VHF, jadi antena yang digunakan lebih kecil. Perbedaan transmisi VHF dan UHF hanya pada area frekuensi mereka berasal.

About Indonesia Marine Equipment 872 Articles
INAMEQ is provide all marine product (equipment and sparepart) and news about marine product to help procurement team at shipping industry, ship contractor, port contractor and oil gas company finding competitive price to directly connect with manufacturer and authorized local and international.

Be the first to comment

Leave a Reply