Faktor penyebab karat di kapal

Jika kita mengamati pada kontruksi kapal, jenis karat yang banyak di jumpai adalah jenis karat yang disebabkan oleh faktor biologis, yakni karat yang disebab kan oleh bakteri atau binatang laut yang melekat pada lambung kapal (fouling). Fouling yang melekat pada lambung kapal ini pada suatu saat akan terlepas yang disebabkan adanya perjalanan kapal yang melintasi daerah perairan asin dan tawar sehingga akan mempermudah fouling ini terlepas, tetapi akan terbentuk krek – krek kecil yang tampak dari bekas fouling ini menempel di badan kapal.

Fungsi dari pemakaian cathodic protection ini dapat mengatasi karat pada bagian tersebut sekaligus dapat mengisi bagian yang berlubang, hal ini terjadi karena adanya aliran arus listrik yang mengalir pada daerah yang memakai Chatodic protection ini. Aliran arus listrik ini mengalir karena adanya zat penghantar yaitu Air laut. Dibawah ini adalah faktor penyebab timbul nya karat di kapal antara lain :

1.  Karat yang disebabkan oleh bakteri pereduksi sulfat.                                                                                                                2. Karat karena adanya proses elektro kimia (karat air laut).                                                                                                        3. Karat yang terjadi melalui proses kimia (karat asam dan karat titik embun).                                                                        4. Karat karena adanya kerusakan mekanis kapal (karat gesekan, serangan tumbukkan partikel, karat kelelahan.

 

About Indonesia Marine Equipment 872 Articles
INAMEQ is provide all marine product (equipment and sparepart) and news about marine product to help procurement team at shipping industry, ship contractor, port contractor and oil gas company finding competitive price to directly connect with manufacturer and authorized local and international.

Be the first to comment

Leave a Reply