Fasilitas Dan Sarana Pada Galangan Untuk Reparasi Kapal

2
465
Shipyard facilities for ship repair
Shipyard facilities for ship repair

Fasilitas dan sarana yang terdapat pada galangan-galangan untuk reparasi kapal berperan besar dalam menentukan kualitas dari suatu reparasi kapal. Pada umumnya fasilitas-fasilitas tersebut digunakan untuk menaikkan serta menurunkan kapal yang akan direparasi sehingga pekerjaan reparasi, khususnya untuk pekerjaan bawah air dapat dilaksanakan. Dibawah ini adalah fasilitas dan sarana di galangan kapal yang digunakan untuk reparasi kapal :

1. Keel Block (Balok Tengah).

Keeel block adalah balok yang diletakkan di tengah (bagian lunas kapal). Kayu yang digunakan biasanya adalah campuran antara kayu keras dan kayu lunak.

Keel Block di Galangan Kapal
Keel Block di Galangan Kapal

2. Side Block (Balok Samping).

Side block adalah kayu yang digunakan untuk mengganjal bagian samping kapal. Tinggi dari side block harus disesuaikan dengan tinggi kemiringan alas kapal yang ada di dok. Sedangkan untuk jarak ke block disesuaikan dengan Iebar kapal yang akan direparasi.

Side Block di Galangan Kapal
Side Block di Galangan Kapal

3. Cradel (Lori).

Cradle adalah alat yang digunakan untuk menarik kapal dari laut ke landasan yang dituju. Cradle biasanya dipakai untuk menarik kapal-kapal ukuran kecil dan kapal ukuran sedang.

Cradle di Galangan Kapal
Cradle di Galangan Kapal

4. Rel.

Rel di galangan kapal adalah jalur tetap yang terbuat dari baja dan digunakan untuk dudukan lori baik pada saat docking maupun undocking.

Rel Galangan Kapal
Rel Galangan Kapal

5. Steel Wire Roop (Kawat Baja).

Steel wire roop berfungsi untuk menarik atau menurunkan lori pada saat kapal akan docking maupun undocking.

Steel Wire Rope Untuk Menarik Kapal
Steel Wire Rope Untuk Menarik Kapal

6. Roll.

Roll pada galangan kapal berfungsi untuk memperlancar proses penarikan tali serta sebagai tempat gulungan tali. Alat ini sangat sering dipakai di kapal baik untuk kapal ukuran kecil dan kapal ukuran besar.

Tali kapal yang sudah di tarik atau di tambat
Tali kapal yang sudah di tarik atau di tambat

7. Winch (Derek)

Winch berfungsi untuk memutar roll penggulung tali agar tali baja yang berfungsi menarik cradle dapat tergulung, sehingga cradle dapat ditarik ke darat.

Winch kapal
Winch kapal

8. Sturt (Penumpu).

Sturt ini terbuat dari baja yang dilas pada cradle, yang dipasang pada saat kapal naik dok. Fungsi dari sturt ini adalah pengikat kapal pada saat kapal akan ditarik naik ke darat.

Sturt Cradle Kapal
Sturt Cradle Kapal

9. Balok Tirus Di Cradle

Balok tirus ini terdiri dari dua macam kayu, yaitu kayu lunak dan kayu keras. Balok ini berfungsi untuk mengganjal sisi kapal yang miring.

Balok Tirus Keel Block Kapal
Balok Tirus Keel Block Kapal

Read more : Teori Desain Kapal; Komponen biaya pada reparasi kapalAnalisa Biaya Reparasi Kapal

2 COMMENTS

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.